Minggu, 30 April 2017

Pemprov Bali Serahkan Bantuan Korban Gempa Aceh

| 905 Views
id bantuan korban gempa, gempa aceh, Bantuan Korban Gempa Aceh
Pemprov Bali Serahkan Bantuan Korban Gempa Aceh
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun saat menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Posko Bantuan Korban Gempa Aceh, di Denpasar. (Humas Pemprov Bali)
Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, melalui Palang Merah Indonesia yang dikumpulkan dari para aparatur sipil negara pemprov setempat.

"Walaupun hasil yang terkumpul tidak terlalu banyak, kami harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PMI untuk membantu sudara-saudara kita yang ada di Aceh," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun saat menyerahkan bantuan tersebut di Posko Bantuan Korban Gempa Aceh, di Denpasar, Senin.

Jumlah bantuan sukarela yang terkumpul dari ASN Pemprov Bali dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Tabanan, Bangli dan Klungkung yang diserahkan itu adalah sebesar Rp60.415.000.

"Sejak pertama muncul berita terkait bencana tersebut, kami memang langsung membuat surat edaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali untuk ikut berpartisipasi secara sukarela terhadap bencana yang terjadi di Aceh," ujar Cok Pemayun.

Ia juga memberikan apresiasi tinggi terhadap usaha kemanusiaan yang telah dilakukan oleh PMI Bali di Aceh sampai saat ini dan berharap hal ini terus dilanjutkan sampai kondisi menjadi stabil.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan, kemudian pihaknya akan menyalurkan bantuan tersebut baik dalam bentuk logistik maupun obat-obatan.

Dia menambahkan, terdapat tiga lokasi yang terkena dampak akibat gempa berkekuatan 6,5 skala richter, yang terjadi pada 7 Desember 2016 itu yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Bireun dan Pidie. Sampai saat ini pihaknya terus menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi tersebut.

Alit Putra berharap dengan bantuan yang telah diberikan baik dari pusat maupun daerah akan mempercepat pemulihan kondisi masyarakat di Aceh.

Dampak dari bencana alam tersebut mengakibatkan 102 jiwa meninggal dunia, 85.133 jiwa mengungsi, 11.385 unit roboh, serta 390 fasilitas umum seperti Masjid, rumah sakit, sekolah dan pasar mengalami rusak berat.

Terkait hal tersebut PMI Bali telah melakukan berbagai upaya penanganan seperti evakuasi, mobilisasi 166 personel yang terdiri dari tim posko, tim kesehatan, tim distribusi logistik dan air bersih serta bantuan lainnya.

"Sampai saat ini bantuan yang telah disalurkan PMI Bali kepada Kabupaten Pidie Aceh sebesar Rp31.497.300 yang berasal dari masyarakat Bali. Sampai saat ini masyarakat Pidie masih membutuhkan bantuan seperti tambahan alat berat untuk melakukan evakuasi, tambahan tenaga medis berserta peralatan dan obat-obatan, tempat penampungan sementara, makanan siap saji serta fasilitas MCK," ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan bantuan yang diberikan oleh para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dapat segera disalurkan, guna membantu memenuhi keperluan mendesak dari korban bencana gempa Aceh. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017