Jumat, 23 Juni 2017

Harga Emas Di Bali Mulai Membaik

| 550 Views
id harga emas, pegadaian tabanan,
Tabanan (Antara Bali) - Harga emas di Kabupaten Tabanan, Bali mulai membaik, namun kalangan Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) belum berani menyikapi harga emas tersebut dengan menyesuaikan harga terbaru.

"Membaiknya harga emas itu terjadi setelah sebelumnya mengalami penurunan harga menjelang pergantian tahun lalu," kata Kepala Cabang Pegadaian Kabupaten Tabanan, Gusti Nyoman Arka, Rabu.

Sejak awal tahun 2017 hingga saat ini, katanya, harga emas dunia juga mulai mengalami peningkatan, meskipun peningkatan itu masih sangat tipis.

"Kami belum menyesuaikan harga terbaru itu karena kondisi tersebut masih dalam kisaran tipis dan belum stabil," ujar Gusti Nyoman Arka.

Ia menambahkan harga emas sudah mulai membaik pada tahun ini, namun kondisi tersebut belum berpengaruh terhadap nilai taksiran emas pada produk gadai, sebab nilai taksiran di Pegadaian masih menggunakan patokan sebelumnya (2016), yakni Rp475.000 per gram.

Perubahan nilai taksir tersebut kemungkinan akan dilakukan menunggu momentum sekaligus menunggu kondisi stabilnya harga emas lebih lanjut.

Meskipun masih akan dibayangi dengan fluktuasi harga emas, kata Gusti Nyoman Arka, kondisi tersebut diyakini tidak akan berpengaruh pada penurunan target bisnis dalam tahun 2017.

"Target bisnis dalam tahun 2017 tetap diporsikan meningkat dari posisi tahun sebelumnya, sedangkan untuk pencapaiannya nanti tidak hanya difokuskan pada jasa layanan gadai, namun dibarengi juga dengan peningkatan pertumbuhan nasabah dari layanan Pegadaian lainnya," ujarnya.

Pihaknya memiliki banyak produk jasa layanan yang bisa dimanfaatkan nasabah, sehingga ke depan optimistis tidak akan berpengaruh banyak terhadap upaya pencapaian target bisnis di tengah bayang-bayang fluktuasi harga emas.

Sementara itu, salah seorang nasabah jasa gadai, Nurcahyati, merespons positif dengan mulai meningkatnya harga emas dunia pada awal tahun 2017, sebab ketika harga naik, maka harapan makin banyaknya nilai nominal yang bisa diperoleh nasabah dari aktivitas gadai akan berpeluang meningkat pula.

"Mudah-mudahan membaiknya harga emas ini akan terus terjadi dimasa mendatang, sehingga gadai makin menjadi alternatif pilihan yang pas saat nasabah membutuhkan dana cepat," ujar Nurcahyati. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017