Minggu, 22 Oktober 2017

Pemkot Denpasar Konsisten Tanggulangi Masalah Banjir

| 662 Views
id banjir, penanggulangan banjir, pembersihan got, pemkot denpasar
Pemkot Denpasar Konsisten Tanggulangi Masalah Banjir
ILUSTRASI - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Denpasar mengevakuasi warga yang terjebak banjir di kawasan Perumahan Padang Asri, Denpasar, Jumat (20/2). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/15. (e011)
Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, konsisten melakukan penanggulangan masalah banjir di perkotaan dengan cara melakukan pembersihan got atau saluran air sungai.

"Saya sudah perintahkan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembersihan got dan sungai di kawasan Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan itu," kata Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, Rabu.

Wali Kota Rai Mantra mengarahkan Dinas PUPR Denpasar untuk segera melakukan pendataan dan penanganan awal. Sehingga nantinya dapat mempercepat tindak lanjut di lapangan dalam penanganan genangan di kawasan Pemogan.

"Langkah awal kami lakukan dengan penggelontoran serta pembuatan sodetan untuk memperlancar jalannya air ketika musim hujan," ujarnya.

Rai Mantra mengharapkan kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke selokan. Begitu juga pembuatan sodetan telah ditindaklanjuti Dinas PUPR Kota Denpasar serta melakukan penggelontoran dari kawasan hulu Desa Pemogan hingga ke kawasan hilir.

Sementara itu, Kepala Lingkungan Banjarangkan Made Diarta mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Rai Mantra yang telah merespons langsung permasalahan lingkungan masyarakat. Warga sempat mengalami dampak banjir belum lama ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang sudah merespons keluhan warga masyarakat. Karena jika tidak digelontor got dan sungai, maka pada musim hujan akan terjadi banjir," ujarnya.

Kepala Desa Pemogan I Nyoman Gede Wiryanata mengatakan langkah awal telah diambil Wali Kota Rai Mantra bersama instansi terkait dalam menanggulangi titik genangan air.

Pembuatan sodetan serta penggelontoran menjadi harapan warga masyarakat yang nantinya mampu mengurangi genangan air pada saat musim hujan.

Disamping itu, kata dia, pantauan petugas desa di lapangan yang mengharapkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Langkah ini juga diharapkan masyarakat tidak menutup saluran-saluran drainase yang ada.

Dalam peninjauan itu, Wali Kota Rai Mantra juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga tiga banjar di Desa Pemogan yang mengalami genangan air. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga