Minggu, 22 Oktober 2017

PKK Kabupaten Baru Studi Banding ke Denpasar

| 455 Views
id studi banding pkk, pkk kota baru, tp PKK Denpasar, pemkot denpasar
Denpasar (Antara Bali) - PKK Kabupaten Baru, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan studi banding ke PKK Kota Denpasar, Bali guna mendapatkan pengetahuan dalam tata kelola administrasi dan pemberdayaan warga masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Baru yang sekaligus pimpinan rombongan drg. Hj. Hasnah Syam Suardi di terima Wakil Ketua Tim Penggerak PKK KOta Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Denpasar, Jumat.

Hasnah Syam Suardi mengatakan keberhasilan PKK Kota Denpasar memberdayakan ibu-ibu PKK terutama telah berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat nasional, disamping juga pelaksanaan posyandu paripurna yang dilaksanakan telah rutin dilaksanakan tiap tahun.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan posyandu PKK Kota Denpasar telah mampu memberdayakan para kader sehingga tidak ada ditemukan balita kekurangan gizi. Termasuk juga pelaksanaan posyandu di Kota Denpasar telah dilaksanakan secara terpadu melalui posyandu paripurna.

Begitu juga, Hasnah Suardi menilai kegiatan Pokja-Pokja yang ada di Kota Denpasar selama ini sudah langganan menjadi juara nasional.

Hasnah Syam Suardi menambahkan kunjungannya ini diharapkan dapat lebih meningkatkan silahturami antara PKK Kota Kabupaten Baru dengan PKK Kota Denpasar.

"Kami harapkan selain mendapatkan pengetahuan tentang keberhasilan PKK Kota Denpasar juga untuk meningkatkan silahturahmi dengan PKK Kota Denpasar," ujarnya.

Hasnah Syam Suardi lebih lanjut berharap dapat mengadopsi pelaksanaan kegiatan PKK Kota Denpasar terutama bidang posyandu sehingga diharapkan dapat mengikuti jejak Kota Denpasar dilaksanakan secara terpadu.

Sementara Wakil Ketua PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menjelaskan tentang berbagai kegiatan yang dilaksanakan termasuk dalam posyandu di Kota Denpasar yang mampu meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

Menurutnya, pelaksanaan posyandu di Kota Denpasar tiap tahunnya menyasar 17 titik di banjar (dusun) yang tersebar di Kota Denpasar. Posyandu yang dilaksanakan bukan hanya penimbangan balita, tapi juga dipadukan dengan pelaksanaan posyandu lanjut usia (lansia).

Di samping itu, kata dia, pihaknya memeriksa kesehatan balita, ibu hamil juga memberikan pemeriksaan kesehatan pada para lansia. Selanjutnya setelah pelaksanaan posyandu paripurna dilanjutkan dengan pelaksanaan "metirtayatra" mengajak para lansia untuk melakukan persembahyangan bersama.

"Langkah tersebut yang kami lakukan di Kota Denpasar. Sehingga posyandu paripurna tersebut tetap berlanjut, disamping juga kami memprogramkan berwisata dan sembahyang bersama para lansia itu," katanya. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017