Selasa, 24 Oktober 2017

Pemkab Badung Bantu Logistik Pengungsi Gunung Agung

| 504 Views
id bantuan logistik, pengungsi gunung agung, erupsi gunung agung, status gunung agung, BPBD Badung, pemkab badung
Pemkab Badung Bantu Logistik Pengungsi Gunung Agung
Ilustrasi - Warga mengamati peta bencana saat turut memantau aktivitas Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (19/9). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/wdy/2017. (edm)
Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyatakan kesiapan membantu segala kebutuhan logistik para pengungsi akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

"Untuk segala kebutuhan logistik dan pengerahan tim medis untuk membantu para pengungsi yang sakit kami siap membantu. Namun, saat ini kami masih menunggu koordinasi BPBD Provinsi Bali agar menjadi satu komando apa yang harus dilakukan BPBD di daerah," kata Kepala BPBD Badung Nyoman Wijaya saat dihubungi di Mangupura, Jumat.

Terkait dengan bantuan logistik apa saja yang siap diberikan Pemkab Badung kepada para pengungsi di Kabupaten Klungkung, lanjut dia, masih menunggu komando BPBD Bali.

Ia menegaskan apapun kebutuhan pengungsi Gunung Agung, Pemkab Badung siap memberikan bantuan secara optimal.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Pemkab Badung untuk membantu kebutuhan logistik para pengungsi yang mengungsi ke Badung nanti," katanya.

Selain itu, BPBD Badung juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait di Badung mulai dari camat, perbekel, dan bendesa adat juga ikut membantu para pengungsi yang tinggal di Badung untuk mengantisipasi dan kewaspadaaan maupun kesiapsiaaan kebencanaan.

Terkait dengan kesiapsiagaan petugas medis dan obat-obatan, BPBD Badung sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, RSUD Mangusada, PMI dan Dinas Perhubungan di daerah itu agar siap mengerahkan petugasnya untuk membantu para pengungsi yang tinggal di Klungkung dan sekitarnya.

Berapapun jumlah petugas medis (dokter dan perawat) yang dibutuhkan untuk membantu pengungsi yang mengalami masalah kesehatan di tempat pengungsian, Pemkab Badung sudah siap mengerahkan puluhan personelnya.

"Apabila kembali terjadi peningkatan status Gunung Agung dengan mengeluarkan letusan atau abu vulkanik maka kami sudah menyiapkan 25 kotak masker, obat-obatan, dan kebutuhan P3K dari RSUD Mangusada," ujarnya.

Wijata menegaskan RSUD Mangusada juga sudah siap membantu menyiapkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan apabila ada pengungsi yang memerlukan rawat inap di rumah sakit.

"Kami di jajaran Pemkab Badung sudah siap mengantisipasi hal ini dan mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semua pihak," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di Pulau Dewata agar tidak mudah percaya dengan informasi bohong (hoax) tentang letusan Gunung Agung dan sebisa mungkin mencari informasi di webside BPBD Badung.

BPBD Badung pada Rabu (20/9) sudah menyiagakan dua mobil patroli, empat tenda besar yang dipasang di Desa Ulakan dan mengerahkan 10 personel BPBD di Kabupaten Karangasem.

Selain itu, pada Kamis (21/9), pihaknya kembali diminta mengerahkan 18 personel BPBD untuk membantu pemasangan tenda pengungsi di Kabupaten Klungkung. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga