Denpasar (Antara Bali) - Peluncuran tahapan awal tanda dimulainya rangkaian pelaksanaan Pilkada Bali 2013 akan dilakukan serentak pada semua kabupaten/kota di Pulau Dewata, Sabtu 8 Desember 2012.

"Peluncuran atau `launching` Pilgub Bali 2013 memang akan dikemas berbeda dari pelaksanaan pemilihan-pemilihan kepala daerah sebelumnya," kata Ketua Divisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali Ketut Udi Prayudi, di Denpasar, Jumat.

Ia menyampaikan kemasan acaranya berbeda dan baru karena akan diisi pesta rakyat dan pentas seni berupa pementasan sendratari, Wayang Cenk Blonk serta penampilan lagu dari artis-artis Bali.

Acara peluncuran yang dilaksanakan KPU Bali dipusatkan di Ardha Candra Denpasar mulai pukul 19.00 Wita, yang dirangkaikan dengan acara penyerahan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Pilgub ahli oleh gubernur kepada KPU.

"Dengan kemasan pesta rakyat dan pentas seni, kami ingin mengajak masyarakat menyambut pilgub dengan penuh keceriaan serta menghilangkan kesan keras dan penuh ketegangan. Pilgub Bali merupakan milik rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," ujarnya.

Udi menambahkan, kegiatan pentas seni akan dilakukan serentak pada hari yang sama seperti di Kabupaten Buleleng akan digelar lomba poster, puisi, parade band SMA dan bondres tentang Pilgub Bali. Sedangkan di Jembrana digelar pementasan bondres Dadong Rerod dan parade band.

"Pertunjukan bondres juga digelar di Tabanan dan Bangli dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Sementara itu di Kabupaten Badung dan Gianyar diisi pementasan wayang kolaborasi," ujarnya. Di Klungkung akan digelar pementasan lawak dan di Karangasem berupa konser lagu pop Bali.

Menurut Udi, pesta seni dan budaya dengan kemasan serupa terkait Pilgub Bali tidak hanya dilakukan saat peluncuran saja, juga pada tahapan sosialisasi nanti.

"Sekitar 10 ribu seniman akan dilibatkan dalam sosialisasi itu. Para seniman akan intensif turun hingga kecamatan-kecamatan," katanya. (LHS/T007)

Editor: Masuki
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar