Denpasar (Antara Bali) - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Puri Bunda Denpasar menawarkan solusi persalinan yang menyenangkan dengan teknik Intrathecal Labor Analgesia (ILA) sehingga kaum ibu tidak perlu takut menahan rasa sakit saat melahirkan.

"Melalui teknik tersebut persalinan lebih menyenangkan karena rasa nyeri bisa teratasi," kata Prof Dr Made Kornia Kartaka SpOG(K) salah seorang dokter spesialis kandung di RSIA Puri Bunda, Minggu.

ILA adalah salah satu teknik untuk menghilangkan rasa nyeri persalinan dengan cara menyuntikkan obat penghilang sakit ke dalam rongga tulang belakang.

Dia mengatakan, oleh karena itu kaum hawa tidak perlu takut saat akan melahirkan karena ada teknik yang menyenangkan sehingga tak merasa sakit.

Menurut Kornia, sampai saat ini persalinan yang paling alamiah dan aman adalah melahirkan secara normal walaupun begitu bukan tidak ada masalah.

Teknik ILA itu sangatlah tepat bagi calon ibu yang diperkirakan melahirkan secara normal, sebab tidak diperuntukkan mengatasi masalah medis yang menyebabkan harus menempuh persalinan dengan bedah sesar. (IGT)   

Editor: I Gusti Ketut Agung Wijaya
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar