Berita Terkait
Denpasar (Antara Bali) - Lima kegiatan seni dan budaya tampil memeriahkan hari kedelapan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXV di Taman Budaya Denpasar yang berlangsung sejak siang, sore hingga malam hari, Sabtu.

Kelima pagelaran itu diawali dari lomba gender wayang anak-anak yang melibatkan duta seni dari empat kabupaten/kota di Bali, kata Panitia PKB I Wayan Dauh yang juga menjabat Kasi Perfilman dan Perizin pada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Ia mengatakan bahwa lomba gender wayang bagi anak-anak itu berlangsung di kalangan Ratna Kanda mulai pukul 11.00 Wita.

Keempat duta seni itu meliputi Sanggar Rare Angon Kabupaten Bangli, Sanggar Gangsa Dewa Banjar Bindu Mekar Bhuana Abiansemal Kabupaten Badung, Sanggar Kembang Bali Tunjuk Kabupaten Tabanan dan Sekaa Gender Suara Murti Banjar Babakan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Wayan Dauh menjelaskan bahwa pementasan tersebut dilanjutkan parade Joged Bumbung oleh Sekaa Joged Adhi Merdu Suara Banjar Mujul Desa Sangkan Gunung Kecamatan Sideman, Kabupaten Karangasem.

Parade joged tersebut berlangsung di kalangan Ayodya Taman Budaya Denpasar mulai pukul 11.00 waktu setempat. Sementara pementasan kesenian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magelang berlangsung di wantilan Taman Budaya pukul 14.00 Wita.

Pementasan rekonstruksi Semara Pagulingan oleh Sekaa Semara Pagulingan Penebel Kabupaten Tabanan berlangsung di kalangan Ayodya mulai pukul 17.00 Wita.

Sedangkan pementasan pada malam hari berupa parade drama gong yang dipersembahkan oleh Sanggar Satria Duta Taman Bali Kabupaten Bangli berlangsung di Wantilan Taman Budaya mulai pukul 20.00 waktu setempat.

PKB yang berlangsung 15 Juni - 13 Juli itu dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono serta Mendikbud M Nuh dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. (LHS)

Editor: Ni Luh Rhismawati
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar