Berita Terkait
Negara (Antara Bali) - Panitia HUT Kota Negara, Kabupaten Jembrana mengawali rangkaian perayaan dengan melakukan persembahyangan matur piuning atau minta restu ke beberapa pura di kabupaten ini.

"Sekarang ini merupakan bulan purnama yang merupakan hari suci untuk Umat Hindu, yang secara umum diisi dengan persembahyangan. Secara khusus kami juga minta restu kepada Tuhan, agar kegiatan HUT Kota Negara berjalan aman dan lancar," kata Bupati Jembrana, I Putu Artha yang memimpin rangkaian persembahyangan di pura ini, Selasa.

Sementara Ketua Panitia HUT Kota Negara, I Gede Gunadnya mengatakan, selain Umat Hindu, ia minta seluruh umat beragama di Kabupaten Jembrana, mendoakan agar perayaan HUT Kota Negara berjalan sukses sesuai agama masing-masing.

"Dengan persembahyangan kami ke pura-pura saat bulan purnama ini, kami harap perayaan HUT Kota Negara juga akan terang dan indah seperti bulan purnama," kata Gunadnya yang juga menjabat sebagai Sekkab Jembrana ini.

Selain Putu Artha dan Gunadnya, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan turut serta dalam persembahyangan ini.

Setelah dari Pura Niti Praja di kompleks Kantor Bupati Jembrana, rangkaian persembahyangan dilanjutkan ke Pura Luhur Dang Kahyangan Rambut Siwi, Pura Dang Kahyangan Perancak, Pura Dang Kahyangan Jati dan Pura Dang Kahyangan Indra Kusuma.

Tahun ini, Kota Negara yang merupakan Ibukota Kabupaten Jembrana memasuki usia 118 tahun, dengan puncak perayaan pada tanggal 15 agustus mendatang.

Selama satu bulan, mulai akhir juli, berbagai kegiatan mulai dari olahraga, hiburan hingga seni dan budaya ditampilkan secara bergantian dalam perayaan ini.(GBI)

Editor: Gismadi
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar