Jakarta (Antara Bali) - Koalisi partai-partai politik pengusung calon presiden Joko Widodo akan mendeklarasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Gedung Joang 45 Jalan Menteng Raya Jakarta, Senin.

Menjelang deklarasi, pimpinan partai-partai politik pengusung capres Joko Widodo melakukan musyawarah sekaligus penandatanganan kontrak politik di rumah pribadi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar Menteng Jakarta.

Pimpinan partai-partai politik pengusung capres Jokowi yang tampak hadir adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto.

Selain itu, tampak juga Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Sekjen Partai NasaDem Rio Patrice Capela, Sekjen PKB Imam Nahrawi, dan Sekjen Partai Hanura.

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan setelah usai rapat dan penandatangan kontrak politik serta berkas-berkas yang menjadi persyaratan untuk mengusung pasangan capres-cawapres ke KPU, sebelum deklarasi pasangan capres-cawapres di Gedung Joang 45.

Setelah deklarasi dari Gedung Joang, Jokowi dan pasangan cawapresnya diiringi pimpinan partai-partai pengusung akan menaiki sepeda kembali ke Jalan Teuku Umar.

Sekitar pukul 13.30, pasangan itu akan didaftarkan ke KPU sebagai pasangan capres-cawapres. (WDY)