HUT 72 Indonesia, BUMN Hadir untuk Negeri di NTB lewat bedah rumah

HUT 72 Indonesia, BUMN Hadir untuk Negeri di NTB lewat bedah rumah

(Antara)

NTB (Antara) - Jasa Raharja bersama Indofarma dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI) menyelenggarakan Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan menyelenggarakan Kegiatan Wajib yaitu Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017, Jalan Sehat, Bedah Rumah Veteran dan Siswa Mengenal Nusantara.

Mataram. 17 Agustus 2017, Sebagai Komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok Negeri, Kementerian BUMN dan BUMN kembali mewujudkan BUMN Hadir Untuk Negeri pada tahun 2017 dalam rangka HUT RI ke 72 Tahun 2017dengan tema Indonesia Kerja Bersama.

Rangkaian Peringatan Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dimulai dengan Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB  dilaksanakan dari tanggal 23 Juli sampai dengan 2 Agustus 2017 dengan memberangkatkan sebanyak 20 siswa-siswi termasuk dua siswa berkebutuhan khusus asal NTB menuju Provinsi Aceh.

Adapun Kegiatan SMN Pelajar asal NTB di Provinsi Aceh antara lain mengunjungi Kantor Gubernur Aceh, Museum Tsunami Aceh, Universitas Syah Kuala, Nol Kilometer Sabang, Masjid Baitulrahman dan Memorial Rumah Cut Nyak Dien dengan tujuan agar para siswa memiliki rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini serta dapat lebih mengenal keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan Masyarakat di Provinsi yang dikunjungi.

Selanjutnya untuk mewujudkan rasa penghargaan BUMN pada para  Veteran atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedulatan bangsa maka Jasa Raharja, Indofama dan KBI melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) bekerjasama dengan Korem 162 Wira Bhakti melaksanakan Bedah Rumah Veteran (BRV) dengan merenovasi sebanyak 50 rumah para veteran yang tersebar di 10 (sepuluh) Kabupaten dengan biaya sebesar 1.8 milyar rupiah.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 diselenggarakan diluar Ibukota NTB bertempat di Halaman Kantor Pelindo III Lembar Kabupaten Lombok Barat, dipimpin oleh Direktur Utama Jasa Raharja Budi Setyarso sebagai Pembina Upacara serta dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan SDM & Organisasi Kementerian BUMN Ony Suprihartono, para unsur Forkopimda, para Pimpinan BUMN yg ada di wilayah NTB juga perwakilan dari para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan para Veteran.

Pada kesempatan di Upacara tersebut, Pembina Upacara membagikan Buku BUMN Hadir Untuk Negeri: BBM Satu Harga Untuk Indonesia Lebih Sejahtera serta memberikan kunci simbolis kepada para Veteran yang rumahnya telah direnovasi dan menyerahkan sertifikat kepada perwakilan dari peserta Siswa Mengenal Nusantara.

Dalam amanahnya Pembina Upacara menyampaikan Kebijakan BBM Satu Harga merupakan program Pemerintah yang diamanahkan kepada BUMN melalui Pertamina agar dilaksanakan khusunya di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat didaerah tersebut yang akan menopang pembangunan nasional yang berkualitas dan berkesinambungan.

Dari seluruh rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017 dan merupakan puncak peringatan adalah kegiatan Jalan Sehat BUMN Hadir Untuk Negeri yang pengguntingan pita startnya dilakukan oleh Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi serta disaksikan Direksi Jasa Raharja, Direksi Indofarma, Direksi KBI serta para unsur Forkopimda.

Dalam Sambutannya, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi menyampaikan bahwa pentingnya meneruskan dan selalu mengisi kemerdekaan dan berkomitmen secara konsisten untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat melalui Program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Sedangkan Jalan Sehat yang dilaksanakan sepanjang 5 km pada tanggal 18 Agustus 2017 tersebut, start dari Pendopo Gubernur NTB dan finish di Lapangan Sangkareang Kota Mataram diikuti oleh peserta yaitu masyarakat NTB khususnya dari Kota Mataram sebanyak kurang lebih 2.500 orang. Pada lokasi finish di Lapangan Sangkaraeng telah disediakan door prize dan aneka kuliner gratis khas NTB untuk para peserta Jalan Sehat dan dihibur musik oleh Band Lokal setempat.
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017